Bisnis Mug sablon

“Bisnis Mug sablon”

photo-2

Banyak email dan Whats app ke kami yang menanyakan detail cara sablon di Mug karena ternyata banyak yang tertarik dengan Bisnis Mug Sablon, terus terang kami sangat senang dengan banyaknya peminat di bisnis ini dan kami merasa lebih bahagia lagi karena ternyata banyak yang mempercauyakan kami menjadi mitra konsultasi untuk memulai bisnis mug sablon ini.

Bicara tentang mug sablon ada beberapa jenisnya loh , nah kami akan membahas di artikel ini tentang jenis dan macam-macam sablon mug yang bisa di jadikan bisnis rumahan.

sablon mug biasanya dibagi dalam 3 teknologi atau sebutan

  1. Digital printing
  2. Decal printing
  3. Sablon manual

Yuk kita bahas satu persatu tiap teknologinya ,

  1. Digital Printing

Nah teknologi ini lagi kalo boleh dibilang lagi booming – booming nya karena relatif simple, customize dan full colour acceptance. teknologi ini sebenarnya tidak murni digital printing seperti  bikin spanduk  atau leaflet, kata digital printing diambil karena mungkin menggunakan media printer dan tinta khusus dalam pembuatannya.

sebenarnya tahapan proses mug digital printing adalah sebagai berikut :

  • Tentukan desain yang akan dibuat , untuk desain tidak perlu khawatir dengan warna silahkan teman-teman kreasikan warna di desain sesukanya , karena semua warna di desai relatif bisa di cetak di teknologi ini .
  • Buat template pada adobe photoshop atau corel , template yang di maksud disini adalah luas media yang akan di cetak di mug ukuran standard yang biasa di gunakan adalah 8.5 cm x 20 cm .
  • desain yang sudah di buat di awal tadi bisa di conversi ke jpg file
  • selanjutnya desain yang sudah di jpg file di tempelkan pada template yang sudah kita buat.
  • tahap selanjutnya siap-siap melakukan proses print-out , pada proses print -out yang harus diperhatikan adalah tinta yang digunakan adalah tinta sublime, dan menggunakan kertas inject paper minimal 120-130grm untuk hasil yang optimal.
  • setelah desain yang kita buat di print maka selanjutnya di potong sesuai ukuran tempalate yang muncul , dan di tempelkan ke media mug atau permukaan luar mug, tempel dengan hti-hati dan usahakan tidak miring untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • kemudian masukkan mug yang sudah di tempel tersebut ke dalam mesin heat press atau mesin pemanas mug dengan ukuran suhu sesuai dengan jenis mesinnya, ukuran standard yang biasa di pakai adalah 230 – 330 dengan waktu stand by pada suhu tertinggi adalah 30 detik
  • setelah alarm mesin menyala memberikan tanda bahwa proses pemanasan selesai maka matikan mesin dan buka perlahan mesin dan kertas template yang menempel pada permukaan mug , yang harus diperhatikan hati-hati dalam melepas karena kondisi mug sedang sangat panas
  • Tahap selanjutnya tinggal proses pendinginan dan anda akan melihat hasil cetakan dari desain pada mug pilihan anda

Untuk tutorial dapat dilihat pada video berikut ini :

Contoh hasil mugnya akan seperti ini :

11042978_653645801429031_7731220568498644560_n

 

Selamat Mencoba ya teman-teman semoga bermanfaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *